Minggu, 29 Januari 2012

Catatan Akhir Januari

                Huuuh…. Bulan januari serasa bulan berasa-rasa , pokoknya nano-nano…. Tak disangka udah tanggal tua nie dan  uang pun menipis.. Menurut Kamus “sin due Cam us” JANUARI singkatan dari HUJAN TIAP HARI…  Wih Kalo hujan terus bisa banjir nie negeri.
                Oke guys… aku disini mau cerita kisah-kisah unik dan paling seru dalam perjalananku di bulan Januari…  Mau aku mulai darimana ya???? Oke aku buat perminggu aja biar ringkas hehehe….. soalnya aku juga males nulis banyak-banyak….

Oke,, MINGGU PERTAMA….

·         Yang pertama langsung,, Tahun Baru mas broooo, mbak brooo….  Asikk , taun baru gue muter-muter keliling jogja sama temen kecil gue waktu di Singosari,Malang tapi sekarang sudah pindah ke Subang,… trus habis muter-muter  sampe jam setengah 12… dari alkid naik ke bukit bintang… jalan padet merayap kayak semut cari gula.. hehe.. hbis muter-muter pulang bakar ikan sama temen sedesa trus dilanjutin dangdutan sampe pagi,,, sik asik sik asik bgt mbak brooo…. Hahaha
·         langsung persiapan buat amunisi sambil hubungin temen kampus buat atur strategi…. Ujian Pertama bingung mau ngapain coz bhs.ing sob,,,ujian kedua bawa semua catetan….. ujian ketiga bawa laptop dan fd,,, ujian lempar2 fd dan berakhir sukses… huuuhh….
Padahal Ujian jam 1 sampe jam 3 tp brangkat jam 8 pagi Cuma buat atur strategi aja… (biarin yg penting sukses hehehehe J)

Oke,, MINGGU KEDUA (Masih berkutat dengan ujian UAS tapi sekarang adalah perang dunia niee…. )

·         ujian berikutnya… tempat masih mendukung… blajar sampe 3 buku dan ternyata soalnya… tak separah yg dibayangkan … ujian berikutnya lagi,,, pake insiden rebutan t4 duduk segala… untung brangkat dari rumah jam 8 pagi,, padahal ujian jam 1 siang… nah ini,, ujian berikutnya t4 tak mendukung +dosen killer beud.. untung dah siap amunisi,,, hehehe… dan yg terakhir,,, t4 duduk dah oke di belakang ehhh,,, disuruh pindah kedepan sama bu dosen,,, gak papa lah demi bu dosen… untuk dah belajar sampe pagi… huhhhh,,, akhirnya sukses jg didepan…
·         ujian selesei,,, waktu atur rencana sama temen kampuss dan berakhir dengan planning jalan2 ditunda…  oke sob,, gk papa brarti waktu hibernasi ku lebih banyak hehehe….

Oke .. MINGGU KETIGA…

·         Dimulai dari HPku yg bergetar… ternyata tugas LSM XX… (aku kira sudah bubar coz dah lama gk ada rapat ato koordinasi tugas).  Si Mbak Koor nyuruh nyebarin surat,,, aku sebar di depan pintu… eh malah marah-marah…. Bercanda mbak broo….. Gk tanggung2 nyebarnya sampe ke kantor GUBERNUR miliknya PAK HB X… surat buat dosen tinggal satu yg belum.. ke  Rektorat beres… langsung capcus ke kantor Pak Pati Sleman…. Eh,, disana malah ketemu pegawai ibu-ibu yg lagi ngrumpi… deh,, prosesnya jd lama nie…
·         Dah diakhir minggu ada pemilihan ketua umum… semua dukung aku tp sabar sob,, gue gk minat,,, hehehe….
·         Eh… minggu2 ada orang gendut lg belajar nyopir di TUGU TANI,,, nabrak deh 9 meninggal dan 3 Luka-luka… Turut berduka cita atas kejadian kemarinn.. ikut sedih mas broo… mbak brooo,,, pak dan ibu yg ditinggalkan anggota keluarganya,,, klo bisa Si gendut dihukum mati aj.. utang nyawa bales nyawa,,,…

Oke. MINGGU KEEMPAT….

·         Diawali dengan  IMLEK… GO XI FA CAI…. Liburan para Bapak-Bapak Kelompok ternak ke pesisir pantai.. mungkin para babe pada iri yaa… bulan November yg lalu anak2 muda rekreasi ke jawa timur,, trus sebelum taon baru…. Para ibu2 arisan pada naik kreta teot-teot ke pantai .. mungkin itu ya penyebabnya… hehehee..
·         Habis IMLEK,, gue pergi ke Kantor GUBERNUR YOGYAKARTA… wah pengalaman niee…. Sebelum masuk laporan dulu sama bapak yg jaga digerbang,,, sumpah bapaknya supel bgt,, baik, ramah, suka menabung, takut istri.. (ups) hehehe.., hbis lapor… langsung ke bag. Biro umum.. sambil nunggu prosesnya,,, hidupin Wifi (internet gratis mas brooo).. baru pertama WIFInya full koneksi tingkat dewa… jadi betah nie…
·         20 tahun,, duhh… dah mulai tua nie… tak disangka udh sampe 20 th…. ALHAMDULILLAH …. Banyak temen2 yg mngucapin selamat.. thanks ya brooo… tp knapa slalu minta makan2… duh duh duh,,, umur berkurang,, malah minta syukurn,,,
·         20th.. jg bikin galau… asmara dan kesehatan…  asmara gue lg bimbang padahal jomblo duh,,, dah lah gk usah pikirin lagi…. Klo masalah kesehatan.. akhir bulan tingkat daya tahan tubuh menurun… banyak organ tubuh yg mulai terasa sakit,, kayak bag. Jantung, perut, punggung, dan bahu gue…. Gue gak tau apa yg terjadi didalam tubuhku  apa mungkin dah batasnya y….
Ditambah lg wajah yg mulai bengkak sebelah… kemana2 pake masker buat nutupin..
Tp apapun yang terjadi pada tubuhku,,, aku takkan nunjukkin klo aku lg sakit,, tetap tersenyum.. agar  orang lain gk merasa sedih…
·         Huuuuhh… tgl 29.. tak disangka dah setahun semenjak kejadian itu… walau kita gk bisa melangkah bersama,, tapi aku kan tetap pegang janjiku… lihat dan rasakan lah….. heheheee kayak apa aj…

Panjang juga ya…. Cerita buat bulan ini….. nulisnya pegel apalagi yang baca,,, tapi ngomong2 ada yg baca gk ya…. Tapi klo ada yg baca tolong KOMENT ya mas broo,, mbak brooo,, ato pak, buk… hehehee….
Sekian cerita gue… hahahaaahhaa,, klo ada salah ketik dan ada yg tersinggung gue minta maaf gk bermaksud nyinggung,, klo ada kekurangan minta maaf, dan klo ada kelebihan mohon dikembalikan.. hehehe… .. thanks dah baca bagi yg mau baca…klo ada kesempatan lagi mungkin bulan depan jg ada cerita nya lagi .. thanks ,,,, seeee yooooouuuuu……………

Sabtu, 31 Desember 2011

Calculate the amount of funds

In 2006 Jogja was rocked by an earthquake, where many homes were damaged, and the government allocates funds to 30 millionhomes were destroyed, for homes damaged by 15 million andslightly damaged by 5 million. If the region X there are 14 homesdestroyed, 23 homes were damaged and 5 were slightly damaged, so how much allocation of funds provided by thegovernment for the area?

Solution:

We suppose:

allocation of funds for the houses destroyed = x
allocation of funds for homes damaged = y
allocation of funds for slightly damaged houses = z
So we get the equation 14x +23 y 5 z if the allocation of fundswhich we substitute into the equation so that we get the allocationmust be spent by the government
if substitusion
14 houses were severely damaged = 14 x 30 million = 420 million
23 homes damaged = 23 x 15 million = 345 million
5 houses were slightly damaged = 5 x 5 million = 25 million
Sum of funds = 420 million 345 million + 25 million = 790 million

So the government should allocate funds amounting to 790 million.

MATH PROGRAMS FOR INTERNATIONAL COOPERATION IN INDONESIA By: Drs Marsigit MA

Concluding Remark
by: Bayu M Iskandar
10305141018

Manfaat dari kerjasama antara lembaga pendidikan seperti mencari alternatif dalam referensi pengalaman pendidikan:
1.Mendiskusikan dan meningkatkan pelaksanaan kurikulum yang mencakup pengembangan buku teks, materi yang akan diajarkan san penilaian.
2.Memperkaya pengalaman matematika dan ilmu pengetahuan.
3.Meningkatkan kualitas belajar mengajar dan laboratorium.
4.Memecahkan matematika dan ilmu pengetahuan.
5.Merekomendasikan cara-cara untuk meningkatkan matematika dan ilmu pengetahuan.
6.Memenuhi harapan masyarakat.
Cara-cara yang dapat digunakan dalam tukar menukar pengalaman antar lembaga pendidikan, antara lain:
1.Melakukan seminar dan workshops.
2.Melakukan kegiatan penelitian bersama.
3.Penerbitan dan menyebarluaskan hasil bertukar pengalaman atau jurnal.
4.Membangun jaringan antara lembaga atau negara.

"Pembudayaan Matematika di Sekolah untuk Mencapai Keunggulan Bangsa" By: Dr. Marsigit, M.A.

Concluding Remark
by: Bayu M Iskandar
10305141018
If we want civilizating mathematical in school, so we should think about mathematical education, mathematical learning, mathematical thinking, etc. Katagiri (2004) describes the mathematical thinking has three aspects: first, mathematics attitude, the second, and third methods of mathematical thinking, mathematical content. So think of mathematics as well stretch on mathematical thinking in its dimensions, that is to think of mathematics at the school / or college. In general, the attitude shown by the indicators of mathematical pleasure and willing to learn math, favorable attitudes to mathematics learning, many knowledge to learn mathematics, curiosity, ability to ask questions, the willingness to acquire skills and experience of mathematics.
Mathematics to civilize the nation's superiority can be gained through innovation to mathematics learning paths in school. Many activities that the author have in PLPG math activities, seminars and workshops in math, obtained from perception that the innovation of learning mathematics teacher should be able to answer the challenge , are:
1. How to promote the learning of mathematics that emphasizes the process
2. How to develop cooperative learning in mathematics learning
3. How to make group learning in mathematics learning
4. How to develop mathematical learning by game, etc.
so to cultivate mathematical understanding of the meaning of mathematics in various dimensions. Mathematical communication includes communication of material, formal, normative, and spiritual. Acculturation of mathematics can contribute to the nation through innovation excellence mathematical learning is done continuously.

Good Practice of Mathematics Teaching Through Lesson Study and Teachers Professional Development By: Dr. Marsigit, M.A.

Concluding Remark
by: Bayu M Iskandar
10305141018

Semenjak tahun 1999 dan terakhir tahun 2005, diadakan kerjasama antara pemerintah Indonesia (GOI) dan JICA Jepang beserta tiga universitas yaitu UPI Bandung, UNY Yogyakarta, dan UM Malang yang bergabung dalam IMSTEP-JICA untuk melatih praktek mengajar tentang matematika dan ilmu pengetahuan guru. Hal ini bertujuan untuk mengembangkan pendidikan guru. Namun demikian, pada kenyataannya IMSTEP-JICA belum efektif sehingga JICA (Japan International Cooperation Agency) dan MONE (Ministry of National Education) mengembangkan sistem MGMP sebagai kegiatan yang nantinya akan dipraktekkan dalam mengajar.
Berdasarkan Undang-Undang Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 22, 23, 24 th 2006, dimulai pada bulan Juni 2006 negara Indonesia melaksanakan kurikulum baru yang disebut dengan KTSP. Dalam KTSP, guru matematika disyaratkan memenuhi hal berikut:
1. Mengerti konsep matematika sehingga dapat menerangkan hubungan antara konsep matematika dan mempraktekkan konsep matematika dalam menyelesaikan masalah dengan benar dan tepat.
2. Megembangkan kemampuan berfikir dalam pola belajar dan karakteristik matematika, memanipulasi secara umum, membuktikan, dan memaparkan ide dan dalil matematika.
3. Mengembangkan kemampuan menyelesaikan masalah dengan memahami masalah, mengambarkan dalam model matematika, menyelesaikan, dan menaksir hasilnya.
4. Mengkomunikasikan matematika dengan menggunakan simbol, tabel, diagram, dan media lain.
5. Mengembangkan apresiasi dengan menggunakan matematika dalam kehidupan sehari-hari, meneliti, menimbang, dan menggembangkan keingginan dalam belajar matematika yang sukar serta mempunyai rasa percaya diri.
Lesson study sebagai salah satu upaya untuk mengembangkan kemampuan guru dankerjasama antara dosen dan para ahli dari Jepang dengan menguji beberapa model sampel dari guru sekolah. Di tingkat nasional, rencana lesson study dapat memberikan gambaran untuk mengembangkan profesionalitas seorang guru dan sebagai pendidikan tambahan. Melalui IMSTEP dan SISTTEM, sejak 2001, DGMPSE (Directorate General of Management) yang utama dan pendidikan tambahan oleh JICA Jepang untuk mengembangkan profesinalisme guru dalam membuat rencana pembelajaran dan mulai lebih baik dalam mengerti cara belajar siswa baik dalam matematika maupun ilmu pengetahuan.
Kegiatan lesson study sangat efektif dibuktikan dengan meningkatnya partisipasi siswa dalam kegiatan belajar mengajar seperti: semakin bersemangat dalam belajar ilmu pengetahuan, membantu siswa dalam mengembangkan eksperimen dan kemampuan berdiskusi, dan memberikan kesempatan kepada siswa untuk membangun konsep berfikir mereka sendiri. Selain itu juga dapat membangun gaya belajar atau metode belajar yang tepat untuk diterapkan kepada siswa dalam proses belajar mengajar.

"The Effort to Increase the Student’s Motivation in Mathematics Learning with Some Teaching Aids in Junior High School 5 Wates, Kulon Progo, Yogyakarta, Indonesia" ditulis oleh: Marsigit *) & Ida Supadmi %)

Kesimpulan
Oleh: Bayu M Istkandar / 10305141018
Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang sering kita dapatkan sejak dari kita awal sekolah, sampai nantinya di tingkat sekolah menengah atas. Sebagian peserta didik menganggap matematika merupakan mata pelajaran yang sangat sulit untuk dipahami. Cara untuk meningkatkan motivasi siswa SMP belajar matematika adalah dengan membuat proses pembelajaran matematika menyenangkan dan menarik yaitu dihubungkan dengan kehidupan sehari-hari. Mengoptimalkan penggunaan alat peraga yang diharapkan dapat membantu proses pemikiran abstraksi dari siswa, yang menjadi penyebab siswa sulit dalam belajar. Penelitian bertujuan untuk mengatasi masalah yang dijumpai di kelas 2 SMP 5 Wates, Kulon Progo, Yogyakarta, Indonesia. Pemilihan pendekatan pembelajaran dan penggunaan alat peraga yang digunakan sebagai model dalam penelitian pembelajaran matematika melalui penelitian tindakan kelas. Objek pembelajaran ialah pemilihan dan penggunaan beberapa alat peraga sebagai model pembelajaran matematika guna meningkatkan motivasi siswa. Hasil penelitian bahwa dengan menggunakan alat peraga terbukti membuat siswa aktif saat mengerjakan lembar kerja di sesi Tanya jawab dan diskusi. Namun kesuksesan proses belajar mengajar Matematika tidak jauh dari peran guru sebagai informatory, komunikator dan fasilitator. Metode pengajaran yang digunakan guru dapat meningkatkan interaksi antara guru, siswa dan pencapaian pembelajaran. Dalam sikap siswa dipengaruhi oleh 2 faktor,yaitu eksternal dan internal (Winoto Putro, 1993:33). Seperti aktivitas siswa dalam proses belajar mengajar juga mempengaruhi 2 faktor di atas. Faktor eksternal siswa,guru harus memotivasi siswa seperti yang skema dari Ki Hajar Dewantoro,”Ing Madyo Mangun Karso”,yang berarti guru harus meningkatkan motivasi siswa (Mugiharso, 1993). Dengan kata lain,guru harus kreatif. Juga harus ada diskusi antara individual dan kelompok,yang berhubungan dengan “Tut Wuri Handayani” yang berarti guru harus tetap mendampingi mereka dan mengajak siswa menemukan jalan bagi mereka,tetapi masih memberikan koreksi jika dibutuhkan.
Berdasarkan penelitan bahwa dengan bantuan alat peraga dapat meningkatkan motivasi siswa belajar matematika.

*) A Mathematics Lecturer of Faculty of Mathematics and Science at State University of Yogyakarta,
Indonesia
%) A Mathematics Teacher of State Junior High School 5 Wates, Kulonprogo, Yogyakarta, Indonesia

ENGLISH FOR VOCATIONAL SCHOOL Presenting at the Workshop of The Teachers Professional Development SMK MUHAMMADIYAH 3 KLATEN Saturday, 17 May and Friday 23 May 2008

By : Marsigit
Concluding Remark
by: Bayu M Iskandar
10305141018
Dalam rangka menyiapkan tenaga kerja yang professional dan juga berwawasan internasional, pendidikan diharapkan mampu menjadi sarana untuk mencapai hal tersebut. Tidak hanya pendidikan di perguruan tinggi namun juga pendidikan di sekolah, baik sekolah menengah umum maupun kejuruan. Salah satu caranya adalah dengan memakai bahasa Inggris dalam proses belajar mengajar.
Di sekolah kejuruan, pemakaian bahasa inggris sangatlah penting mengingat sekolah kejuruan merupakan sekolah yang mempersiapkan peserta didiknya agar memiliki keterampilan kerja sehingga diharapkan setelah lulus dapat memanfaatkan keterampilannya tersebut dalam bekerja. Untuk mencapai standar Internasional, dibutuhkan dukungan baik dari segi kualitas tenaga pendidik maupun dari segi fasilitas dan pengelolaan sekolah. Sekolah harus mempunyai guru yang dapat berkomunikasi dalam bahasa Inggris. Sehingga diharapkan mampu menyampaikan pengetahuan dan mengajarkan keterampilan yang dimiliki dalam bahasa Inggris. Sebagai contoh, dalam sekolah kejuruan dikenalkan nama-nama alat produksi dalam bahasa Inggris serta pemakaiannya.
Pembelajaran akan berhasil jika terdapat komunikasi yang baik. Di sekolah kejuruan guru-guru dapat menggunakan bahasa Inggris dalam memperkenalkan teknologi kepada siswa. Guru juga dapat membantu mengembangkan bahasa dan mengkolaborasikannya dengan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).
Komunikasi dan bahasa adalah dua hal yang telah meresap dalam kehidupan sehari-hari. Berkomunikasi dengan menggunakan bahasa Inggris sangat penting terutama bagi siswa kejuruan karena dapat menjadi bekal dalam bekerja sehingga lebih kompeten tidak hanya dalam keterampilan kerja namun juga dalam komunikasi.