Sabtu, 31 Desember 2011

Good Practice of Mathematics Teaching Through Lesson Study and Teachers Professional Development By: Dr. Marsigit, M.A.

Concluding Remark
by: Bayu M Iskandar
10305141018

Semenjak tahun 1999 dan terakhir tahun 2005, diadakan kerjasama antara pemerintah Indonesia (GOI) dan JICA Jepang beserta tiga universitas yaitu UPI Bandung, UNY Yogyakarta, dan UM Malang yang bergabung dalam IMSTEP-JICA untuk melatih praktek mengajar tentang matematika dan ilmu pengetahuan guru. Hal ini bertujuan untuk mengembangkan pendidikan guru. Namun demikian, pada kenyataannya IMSTEP-JICA belum efektif sehingga JICA (Japan International Cooperation Agency) dan MONE (Ministry of National Education) mengembangkan sistem MGMP sebagai kegiatan yang nantinya akan dipraktekkan dalam mengajar.
Berdasarkan Undang-Undang Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 22, 23, 24 th 2006, dimulai pada bulan Juni 2006 negara Indonesia melaksanakan kurikulum baru yang disebut dengan KTSP. Dalam KTSP, guru matematika disyaratkan memenuhi hal berikut:
1. Mengerti konsep matematika sehingga dapat menerangkan hubungan antara konsep matematika dan mempraktekkan konsep matematika dalam menyelesaikan masalah dengan benar dan tepat.
2. Megembangkan kemampuan berfikir dalam pola belajar dan karakteristik matematika, memanipulasi secara umum, membuktikan, dan memaparkan ide dan dalil matematika.
3. Mengembangkan kemampuan menyelesaikan masalah dengan memahami masalah, mengambarkan dalam model matematika, menyelesaikan, dan menaksir hasilnya.
4. Mengkomunikasikan matematika dengan menggunakan simbol, tabel, diagram, dan media lain.
5. Mengembangkan apresiasi dengan menggunakan matematika dalam kehidupan sehari-hari, meneliti, menimbang, dan menggembangkan keingginan dalam belajar matematika yang sukar serta mempunyai rasa percaya diri.
Lesson study sebagai salah satu upaya untuk mengembangkan kemampuan guru dankerjasama antara dosen dan para ahli dari Jepang dengan menguji beberapa model sampel dari guru sekolah. Di tingkat nasional, rencana lesson study dapat memberikan gambaran untuk mengembangkan profesionalitas seorang guru dan sebagai pendidikan tambahan. Melalui IMSTEP dan SISTTEM, sejak 2001, DGMPSE (Directorate General of Management) yang utama dan pendidikan tambahan oleh JICA Jepang untuk mengembangkan profesinalisme guru dalam membuat rencana pembelajaran dan mulai lebih baik dalam mengerti cara belajar siswa baik dalam matematika maupun ilmu pengetahuan.
Kegiatan lesson study sangat efektif dibuktikan dengan meningkatnya partisipasi siswa dalam kegiatan belajar mengajar seperti: semakin bersemangat dalam belajar ilmu pengetahuan, membantu siswa dalam mengembangkan eksperimen dan kemampuan berdiskusi, dan memberikan kesempatan kepada siswa untuk membangun konsep berfikir mereka sendiri. Selain itu juga dapat membangun gaya belajar atau metode belajar yang tepat untuk diterapkan kepada siswa dalam proses belajar mengajar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar